Finding Your Mission

Ibadah Gabungan
Pdt. Michael Densmoor

 

[Lukas 13:18-21]]

Pada Ibadah Gabungan pada hari ini, saya akan menyampaikan tentang mengapa kita hadir pada zaman ini? Untuk apa? Allah punya rencana apa pada hidupmu? Apa yang ingin Tuhan kerjakan dalan hidup kita. Lukas 13:18-21, tentang Perumpamaan tentang Biji Sesawi dan Ragi. Prinsip sederhana, dimulai dari yang kecil, bertumbuh menjadi hal yang besar. Mungkin hari ini dibenak Anda ada sesuatu yang Tuhan taruh, sehingga kamu melakukan suatu keputusan atau tindakan yang tidak berarti tetapi sesungguhnya akan mempunyai pengaruh yang besar di zaman kita. Itu sebabnya Tuhan menaruh ide itu di dalam hatimu.

 

Perumpamaan ini penting karena di dalam perumpamaan ini Tuhan menjelaskan tentang Kerajaan Allah. Di Sekolah Teologi, bisa sampai tiga semester bicara tentang Kerajaan Allah. Yesus menjelaskan tentang Kerajaan Allah dengan sederhana di dalam 3 ayat tersebut, bahwa Kerajaan Allah punya dampak di dunia ini dan Anda punya bagian di dalamnya. 

 

Kita dipakai supaya nama Tuhan dipermuliakan. Waktu Israel jadi, Tuhan mempunyai misi dan harapan bagi Israel. Tetapi Israel tidak memikirkan Tuhan, mereka memikirkan diri mereka sendiri. Untuk menemukan misi hidup, kita perlu pahami terlebih dahulu rencana Allah untuk membangun kerajaan Allah dan bagian kita di dalamnya.

 

Dua hal diberikan kepada kita untuk menjelaskan peranan kita: biji sesawi dan ragi.

  1. Biji Sesawi: perubahan external – penginjilan keluar.
  2. Ragi: perubahan di dalam atau internal – ada transformasi hidup.

 

Benih Biji Sesawi

Kerajaan Allah tidak datang langsung, Kerajaan Allah akan hadir secara perlahan. Dimulai dari hal yang tidak dianggap penting oleh orang lain. Biji sesawi dianggap hal yang kecil dan tidak berarti, injil juga dianggap hal yang demikian oleh orang-orang. Tetapi justru hal kecil dan tidak berarti mempunyai kuasa yang besar. Di dalam Alkitab dikatakan bahwa biji ini diambil dan ditaburkan oleh seorang laki-laki di kebunnya. Seorang yang tidak punya nama dan tidak dikenal. Berarti, setiap orang masuk di dalam perumpamaan ini. Yesus sedang bicara kepada Anda bahwa Anda mempunyai tanggung jawab untuk melakukan bagianmu dipekerjaan yang Tuhan sediakan bagi kita. Apa pekerjaannya? Mengambil dan menabur biji (injil). Biji harus ditabur di dalam hati, bukan hanya dibiarkan saja. Kalau dibiarkan tidak bisa tumbuh. Benih ditabur di “kebunnya”, ini menjelaskan bahwa Anda mempunyai kebun yang disediakan Allah khusus untuk Anda pergi ke sana menaburkan injil. Di mana kebun Anda?

 

Ragi

Sekali lagi, perumpamaan yang sederhana. Di sini, perumpamaan ragi berbicara tentang perubahan internal seseorang. Ragi bekerja di dalam. Ketika ragi ditaburkan di dalam adonan, itu akan berfermentasi mengeluarkan karbon dioksida, membentuk gelembung-gelembung sehingga adonan akan mengembang. Roti akan menjadi empuk.

 

Injil lebih berkuasa dibanding kecilnya hal-hal ini. Anda ditaburkan di tempat ini untuk membawa suatu perubahan. Sehingga Kerajaan Allah datang secara kuantitas di luar dan juga kualitas di dalam. Injil yang masuk ke dalam hati akan mentransformasikan hidup seseorang. Anda juga bisa membantu mentransformasi hidup teman Anda, membantu mereka memulihkan situasi mereka melalui injil.

 

5 prinsip penting:

  1. Dari tindakan penuh pengorbanan, munculah berkat besar. Dari Kristus yang dianggap tidak penting bagi dunia, datanglah Kerajaan Allah, keselamatan manusia.
  2. From small beginnings, come great trees. Waktu Kristus naik ke surga, hanya ada 11 rasul, ditambah 100 orang lebih sedikit yang bertemu Yesus. Melalui mereka benih-benih injil ditaburkan ke seluruh dunia.
  3. From simple words, come great transformation. Injil yang dijelaskan dalam 5 menit, bisa mengubah seluruh hidup seseorang. Injil mempunyai kuasa untuk membawa perubahan bagi hidup seseorang.
  4. Dari permohonan lemah, muncul karya besar. Doa kita bisa menyebabkan sesuatu yang besar terjadi. Doa untuk teman-teman Anda, doa untuk orang yang lemah, dsb.
  5. Dari orang rendah, muncul hamba besar. Di dalam Alkitab kita melihat cerita demi cerita tentang orang yang tidak penting di dalam masyarakat melakukan suatu hal yang besar. Contohnya Daud, seorang yang tidak dianggap menjadi Raja yang paling besar di Israel, Gideon dari keluarga paling kecil akhirnya darinya Tuhan mengubah zaman. Anda juga termasuk.

 

Pertanyaan saat ini adalah kebun Anda di mana? Adonan Anda di mana? Siapa teman-teman, saudara, orang-orang yang membutuhkan injil dari Anda?

 

Ringkasan oleh YW dan TL.

 


 

Ibadah Gabungan Sekolah Kristen Calvin dan Sekolah Kristen Logos dengan tema
“FINDING YOUR MISSION”
Pembicara: Pdt. Michael Densmoor

Rabu, 3 November 2021
Pkl. 09.00 WIB

Live di kanal Youtube
Sekolah Kristen Calvin
https://www.youtube.com/c/SekolahKristenCalvinJakarta/
Sekolah Kristen LOGOS
https://www.youtube.com/c/SekolahKristenLOGOS/
———–
#IbadahGabungan
#SekolahKristenCalvin
#SekolahKristenLOGOS
#SekolahKehidupan
#MembentukHati
#MemperbaruiAkalBudi
#MenanamkanTanggungJawab

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//
//
Admin

Tim dukungan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!