Allah yang Pengasih & Penyayang

Ibadah Gabungan Agustus 2021
Pdt. Ivan Kristiono

 

Keluaran 34:6 “Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: “TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,”

Tuhan mengikat perjanjian (covenant) dengan manusia. Meskipun sesungguhnya kita
tidak layak, tetapi Tuhan melayakkan kita menerima perjanjian dengan Dia (keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya).

Tuhan disebut Tuhan yang adil karena Tuhan selalu menggenapi janjiNya. Sedangkan
manusia, seringkali tidak tepat janji. Kata ‘adil’ bukan hanya tentang membagi sesuatu dengan rata, melainkan setia terhadap perjanjian.

Dalam Keluaran 19:5-6, Tuhan berkata bahwa jika bangsa Israel sungguh-sungguh mendengarkan dan berpegang pada Firman Tuhan, maka bangsa Israel akan menjadi harta
kesayangan dari antara segala bangsa. Lalu, dalam Keluaran 24:7 tertulis bahwa bangsa Israel berkomitmen akan melakukan perjanjian dengan Tuhan dengan mematuhi perintah Tuhan, tetapi dalam Keluaran 32 (belum jauh dari waktu saat bangsa Israel berkomitmen melakukan perjanjian) banga Israel melanggarnya dengan menyembah berhala berupa patung lembu emas. Amarah Tuhan bangkit melihat apa yang dilakukan bangsa Israel. Namun, Musa berdoa memohon ampun (parakletos: orang yang menjadi pembela) lalu Tuhan mengampuni mereka.

Dalam Keluaran 34:10 Tuhan memulihkan/memperbaharui perjanjianNya. Setelah itu, Musa berkata bahwa ia ingin semakin mengenal Tuhan, lalu Tuhan menyatakan diriNya kepada manusia melalui Musa di Gunung Sinai. Keluaran 34:6 “Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: “TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,”. Berikut uraiannya:

Menyatakan diriNya sebagai pribadi:
Kata ‘TUHAN, TUHAN,’ merupakan bukti bahwa Tuhan menyatakan diriNya kepada manusia sebagai pribadi. Dia menyebut diriNya Tuhan. Menunjukkan adanya hubungan atau relasi dengan manusia .

Memiliki sifat:
Penyayang = Rakhum
Sama seperti kata ‘rahim’ yang berarti kasih. Cinta Tuhan seperti cinta dari orang tua kepada anaknya. Mazmur 103:13 “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan dia”. Yesaya 49:15 “Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.” Ketika bangsa Israel lapar, Tuhan memberikan makan dan minum, saat kepanasan diberikan tiang awan, saat kedinginan diberikan tiang api. Seperti orang tua yang menjaga anaknya.

Pengasih = Khanun
Artinya sesuatu yang berharga dan mulia. Cinta Tuhan itu berharga dan mulia. Meskipun kita tidak layak menerima, tetapi Tuhan berikan kepada kita (anugerah).

Panjang Sabar = Erech Apayim
Jika diterjemahkan secara harfiah ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah panjang hidung. Kata panjang hidung merupakan sebuah ungkapan yang artinya tidak mudah marah. Saat Musa berkata kepada Bangsa Israel untuk bertobat, memakai kain kabung, dan menanggalkan segala perhiasan, Tuhan mengampuni mereka. Tuhan mengampuni bangsa Niniwe, Tuhan memberikan kesempatan selama 120 tahun untuk bertobat sebelum mengirim air bah (masa Abraham), Tuhan memberikan kesempatan selama 400 tahun untuk orang-orang di Kanaan bertobat, dan lain sebagainya. Mari, kita gunakan kesabaran dan kesempatan yang Tuhan berikan untuk kita bertobat.

Kasih = Chesed
Maksudnya ialah menunjukkan komitmen. Cinta yang teguh. Cinta yang tidak mudah menyerah. Meskipun kita melawan, tetapi cinta Tuhan tetap teguh hingga kita runtuh karena kebesaran dan kelimpahan kasihNya. KasihNya memberikan kita kekuatan. Tuhan mencintai kita bukan karena kita baik, melainkan karena cinta ialah karakter Tuhan.

Setia = Emeth
Kata ini maksudnya ialah sesuatu yang teguh, benar, tidak bergerak (sesuatu yang bisa kita pegang), dan dapat dipercaya. Tuhan itu bisa dipercaya, karena dia tidak berubah, Dia menjaga perjanjiannya. Selama-lamanya Tuhan dapat dipercaya, karena Dia setia.

Mari, kita beribadah dengan penuh pengertian. Tuhan yang kita sembah adalah Allah yang luar biasa!

 

Ringkasan khotbah oleh BP dan TL.

 


 

Ibadah Gabungan Sekolah Kristen Calvin dan Sekolah Kristen Logos
Rabu, 4 Agustus 2021

ALLAH YANG PENGASIH DAN PENYAYANG
Dibawakan oleh Pdt. Ivan Kristiono

 

Youtube SekolahKristenCalvin
https://youtube.com/SekolahKristenCalvinJakarta/

Youtube Sekolah Kristen LOGOS
https://www.youtube.com/c/SekolahKristenLOGOS/

 

#IbadahGabungan

#SekolahKristenCalvin

#SekolahKristenLOGOS

#SekolahKehidupan

#MembentukHati

#MemperbaruiAkalBudi

#MenanamkanTanggungJawab

 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//
//
Admin

Tim dukungan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!